Beberapa waktu yang lalu sempat viral berita kasus penipuan berkedok Wedding Organizer (WO) yang menimpa puluhan pasangan. Tentu saja ini membuat calon pengantin yang berniat menggunakan jasa WO untuk menyelenggarakan acara sakralnya tersebut merasa was-was. Tak dapat disangkal peran WO sejatinya sangat penting untuk membuat hari istimewa tersebut menjadi kenangan indah seumur hidup. Nah, agar tak mengalami hal yang sama simak ulasan berikut.

Tips agar tak terjebak menjadi korban WO abal-abal

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari penipu-penipu berkedok WO tersebut.

  1. Reputasi WO

Cermati reputasi WO incaran Anda dengan melakukan pengecekan latar belakangnya.Pelajari rekam jejak atau referensi vendor dimaksud. Ketahui apakah vendor yang bersangkutan professional dalam menjalankan tugasnya, apakah pernah mendapat complain serius dari pelanggan, dan seterusnya.

Hal ini sebagaimana dikatakan Ayunda Wardhani, VP of Marketing Bridestory. Dengan mengetahui rekam jejak WO Anda akan merasa tenang mempercayakan penyelenggaraan hari bahagia tersebut. Untuk mendapatkan review atau mencari alternative WO lainnya saat ini cukup mudah, Anda bisa mengakses media social atau pun aplikasi bandar togel singapura.

Jangan pernah menyerahkan uang Anda sebelum mendapat kepastian tentang rekam jejak dan latar belakang sebuah WO.

  • Sesuaikan konsep

Tentu saja siapa pun menghendaki hari bahagia sekali seumur hidup ini dirayakan dengan istimewa. Tetapi harus disadari bahwa Anda membutuhkan dana yang tak sedikit bila ingin menggelar pesta yang mewah. Inilah sebabnya rundingkan dengan WO tentang konsep yang Anda inginkan serta kisaran dana untuk vendor.

Saat sudah ada kisaran angkanya, coba pikirkan lagi apakah logis nilai tersebut untuk mendapatkan vendor yang Anda kehendaki.Jika terlalu mahal mungkin Anda bisa mengambil alternative lain, bernegosiasi ulang, atau sejenisnya untuk menyesuaikan dengan budget yang tersebut.Sebaliknya jika harga yang dipatok terlalu murah, Anda boleh curiga jangan-jangan ada sesuatu yang tidak beres.

Jangan terburu nafsu, pikirkan semua dengan kepala dingin dan jangan tergiur dengan iming-iming harga yang terlalu murah.Konon kasus penipuan WO yang terjadi di depok dengan kerugian mencapai 2.5 miliar karena korban tergiur harga yang super murah.

  • WO rekomendasi teman

Sebaiknya pilihlah WO yang pernah digunakan oleh saudara atau teman dekat Anda.Jika mereka puas dengan layanan WO tersebut paling tidak Anda bisa mempercayai jasa mereka.Selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mencari kelemahan vendor dimaksud, misalnya hasil foto yang kurang bagus, catering yang terlalu sedikit, dan seterusnya.Bila memang kekurangan-kekurangan WO terkait dapat Anda toleransi, mungkin ini bisa menjadi pilihan.

Menggunakan aplikasi WO

Jangan sampai hari istimewa yang telah Anda impikan selama bertahun-tahun dengan pasangan berubah menjadi malapetaka karena ulang para penipu.Masih menurut Ayunda, Anda bisa melakukan pengecekan vendor pernikahan incaran degan aplikasi Bridestory.Aplikasi tersebut juga membantu Anda mendapatkan informasi terkait harga yang ditawarkan, hingga review dari para pengantin yang menggunakan jasa vendor dimaksud.

Dengan cara demikian Anda bisa mengetahui bahwa vendor yang Anda inginkan dapat dipercaya dan professional dalam menjalankan tugasnya. Aplikasi tersebut dapat diunduh pada PlayStore atau AppStore dan hingga sekarang telah bermitra dengan lebih dari 20 ribu vendor pernikahan terkemuka.

Pernikahan yang hanya sekali seumur hidup tersebut harus diorganisir oleh vendor yang terpercaya sehingga berjalan lancar, aman, serta sesuai dengan konsep yang dikehendaki pasangan pengantin.